Tips: Cara Mulai Belajar Internet

Kategori:
Sudah tahu dan tertarik ingin belajar Internet? Ingin memanfaatkan 5 peluang besar yang ada di Internet, tapi tidak tahu bagaimana cara memulainya. Dari mana mulainya?
Berikut ini beberapa tips praktis untuk memulai proses belajar di Internet:

1. Mulailah dari Hal yang Anda Butuhkan Pilihlah hal praktis yang langsung terasa manfaatnya bagi Anda, misalnya menggunakan Internet untuk membantu mencari resep masakan tertentu, meningkatkan penjualan produk Anda, mendukung proses belajar anak, dan sebagainya. Dengan memulai proses belajar melalui hal-hal praktis yang betul-betul Anda butuhkan, Anda akan merasakan proses belajar itu sebagai sebuah hal yang menyenangkan dan bukan membebani. Anda juga dapat langsung merasakan manfaatnya sehingga semakin memicu semangat Anda.

 2. Belajarlah Menggunakan Mesin Pencari Mesin pencari adalah pintu pertama yang akan membukakan Anda ke pintu-pintu dan cakrawala lain yang mungkin tak pernah Anda bayangkan. Sejauh mana mimpi Anda dan sejauh mana Anda bekerja merealisasikannya, Internet sangat membantu dengan cara memberikan tools penguat untuk membuatnya menjadi kenyataan. Lakukan proses pencarian secara terus-menerus setiap kali Anda membutuhkan sesuatu. Kurangi bertanya kepada teman, perbanyak proses googling sehingga Anda semakin terampil menggunakan Google. Beberapa tips menggunakan Google dengan cerdas.

3. Fokus Agar Tak Tersesat di Dalam Hutan Internet adalah lautan informasi. Ketika Anda menggunakan mesin pencari, Anda akan disibakkan sebagian isinya. Lihat beberapa link yang diberikan Google sehingga Anda memiliki beberapa alternatif. Tetapi jangan sampai Anda hanyut dan tenggelam dalam lautan informasi yang menarik akibat terlalu banyak klik-sana-sini yang mengakibatkan Anda lupa tujuan awal melakukan googling. Tetaplah fokus pada niat awal hingga Anda mendapatkan yang Anda butuhkan. Setelah Anda mendapatkan yang Anda butuhkan, baru cari informasi/materi lain yang menjadi ketertarikan baru Anda.

4. Gunakan Alat Bookmark, bukan Simpan Jangan khawatir bahwa informasi yang ada akan hilang. Seandainya ada yg hilang, pasti akan tergantikan oleh yg lebih baik karena Internet adalah pasar bebas yang “murni”. Hal-hal yang paling bermanfaat dan disukai banyak orang akan bertahan, bahkan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, jangan menyimpan materi yang Anda butuhkan untuk dipakai di masa datang. Cari dan simpan materi yang memang Anda butuhkan saat ini saja! Untuk tahun depan, Anda bisa melakukan googling dan mendapatkan materi-materi yang lebih uptodate dan lebih canggih lagi daripada yang ada pada saat ini. Jika Anda butuh menyimpan, gunakan fasilitas bookmark yang ada di Browser atau menggunakan fasilitas online seperti Google Bookmark. Kapanpun Anda ingin mengakses data yang pernah Anda akses, Anda tinggal membukanya kembali.

5. Bangunlah Spiral Positif Anda Setelah Anda mulai mendapatkan manfaat dari proses menggunakan Internet, jangan cepat puas. Lakukan hal-hal tersebut untuk hal-hal yang lain. Tumbuh dan berkembanglah. Tumbuh berarti Anda semakin ahli dalam sebuah hal tertentu yang Anda tekuni. Berkembang, berarti Anda mengeksplorasi dan mempelajari hal-hal lain di luar bidang yang selama ini Anda tekuni. Dengan tumbuh dan berkembang, Anda akan membangun spiral positif kehidupan Anda. Spiral itu naik dan terus membesar karena Anda merasa nyaman, Anda berhasil, Anda tumbuh, dan Anda semakin bermanfaat bagi sesama.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...